Ultimate magazine theme for WordPress.

Mantap! DPR Sahkan UU MLA RI-Swiss, Aset Koruptor di Swiss bakal Disita oleh Negara

0 662

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly mengatakan pemerintah akan mulai mengumpulkan data dan melacak aset hasil kejahatan yang disimpan di Swiss.

DPR telah menyetujui RUU Mutual Legal Assistance (MLA) RI-Swiss menjadi UU dalam sidang paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

“Langkah selanjutnya tentu kami akan membentuk tim dan duduk bersama-sama dengan Bareskrim, Kejaksaan, KPK, serta Kementerian Luar Negeri untuk melakukan asset tracing (pelacakan aset),” ujar Yasonna usai sidang paripurna, Selasa (14/7/2020).

Dengan disahkannya UU MLA RI-Swiss, maka pemerintah bisa bekerjasama dengan pihak Swiss untuk membuka dan meminta data hasil tindak pidana yang disimpan di Swiss.

BACA JUGA
Salut! Di Labuan Bajo Ada Restoran Yang Kasih Makan Gratis

“Dengan dasar hukum ini, kita sudah melakukan hal tersebut,” kata dia.

Aset tindak pidana kejahatan yang disimpan di Swiss sebelum UU ini disahkan, tetap bisa dilacak dan disita oleh negara.

“Bagusnya, UU ini bersifat retroaktif. Jadi, seluruh kejahatan fiskal, pencucian uang, atau apa saja yang terjadi sebelum perjanjian ini bisa tetap kita lacak,” kata Yasonna.

Tidak hanya dengan Swiss, Yasonna mengatakan pemerintah akan terus menjalin perjanjian Bantuan Hukum Timbal Balik (MLA) serupa dengan negara-negara lain.

“UU kali ini kan khusus antara Swiss dengan Indonesia. Sebelumnya, kita juga sudah mengikat perjanjian Bantuan Hukum Timbal Balik dengan Rusia, Iran, dan sejumlah negara lain,” ucap Yasonna.

“Kita akan teruskan hal ini. Misalnya dengan Serbia, walaupun belum ada perjanjian ekstradisi dan MLA, tetapi Serbia sudah mengajukan draft dan akan kita bahas tahun depan setelah pandemi Covid-19 ini berakhir,” Yasonna menambahkan.

RUU MLA RI-Swiss dimulai di jaman presiden SBY untuk mengembalikan aset koruptor yang disembunyikan di Swiss. Tapi, baru berhasil direaliasikan di periode kedua Presiden Jokowi.

Artikel Menarik Lainnya:

Leave A Reply

Your email address will not be published.