Ultimate magazine theme for WordPress.

Kritik Ma’ruf Amin, Rizal Ramli: Seperti Hanya Pelengkap

0 10

Pakar Ekonomi, Rizal Ramli mengkritik keberadaan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Menurutnya, keberadaan Ma’ruf Amin di pemerintahan Jokowi hanya sebagai pelengkap.

“Bapak Wapres ini kan antara ada dan tiada, kayak pelengkap doang,” katanya di Jakarta, belum lama ini.

Oleh karena itu, Rizal Ramli mengatakan per Oktober 2020 ini pemerintahan Jokowi sudah memasuki tahun keenam, bukan tahun pertama.

“Kita harus melihatnya bahwa pemerintahan Jokowi ini sudah tahun keenam,” katanya.

Rizal melihat, di tahun keenam ini, indikator ekonomi juga sudah merosot bahkan sebelum munculnya pandemi Covid-19. Saat ini, menurutnya utang pemerintah sudah sangat besar sehingga untuk membayar bunganya saja harus meminjam lagi.

“Setiap pemerintah menerbitkan SUN, dana publik tersedot. Setiap kali pemerintah nerbitin SUN, sepertiga likuiditas tersedot. Saat ini pertambahan kredit hanya 3 persen. Itu yang memukul daya beli masyarakat,” lanjut eks Menko Kemaritiman tersebut.

Dia mengakui, regulasi memang penting. Namun menurutnya yang lebih penting adalah menindak birokrat-birokrat korup yang kerjanya memperlambat untuk memeras para pengusaha.

“Memang birokrat mau mempercepat? Kalau enggak nyogok enggak jalan tuh barang. Solusinya, tindak tegas itu para birokrat yang kerjanya meres ini. Tindak korupsinya. Itu investor senang,” katanya.

Rizal pun menyinggung masa pemerintahan Abdul Rahman Wahid atau Gus Dur dengan regulasi biasa tapi bisa menopang pertumbuhan ekonomi. Saat itu, Rizal sebagai Kepala Bulog mengaku bisa membawa keuntungan karena ada tindakan tegas terhadap oknum pejabat yang bandel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More